Minggu, 31 Maret 2019
Yakulu
كُلُّ الْخُمَاسِي لاَزِمٌ الَّاافْتَعَلْ $ تَفَعَّل اوْتَفَاعَلاَ قَدِاحْتَمَلْ
66. Semua fi’il khumasi baik tsulasi mazid khumasi atau ruba’i mazid khumasi itu yang banyak berlaku lazim kecuali yang ikut تَفَعَّلَ,اِفْتَعَلَ dan تَفَاعَلَ maka ada yang lazim dan muta’adi
كَذَاالسُّدَاسِي غَيْرَبَابِ اسْتَفْعَلَا $ واسْرَنْدَى وَاغْرَنْدَى بِمَفْعُولٍ صِلاَ
67. Begitu juga berlaku lazim semua fi’il sudasi baik tsulasi mazid sudasi atau ruba’i mazid sudasi kecuali yang ikut wazan اِسْتَفْعَلَ maka ada yang muta’adi dan ada yang lazim serta dikecualikan lagi lafadh اِسْرَنْدَى yang menunjukkan arti غَلَبَ ( mengalahkan ) dan lafadh اِغْرَنْدَى yang menunjukkan arti قَهَرَ ( memaksa ) maka harus dimuta’adikan maf’ul satu
لِهَمْزِ اِفْعَالٍ مَعَـانٍ سَبْعَةُ $ تَعْدِيَةٌ صَيْرُورَةٌ وَكَثــْرَة
حَيْنُوْنَةٌ اِزَالَـةٌ وِجْـدَانُ $ كَـذَاكَ تَعْــرِيْضٌ فّــذَاالْبَيَــانُ
68. Hamzahnya wazan اَفْعَلَ itu mempunyai 7 arti sebagai berikut :
1) تعدية (Ta’diyah)
2) صيرورة (Shoiruroh)
3) كثرة (Katsroh)
69. 4) حينونة (Haenunah) 6 ) وجدان ( Wijdan )
5) ازالة (Izalah) 7) تعريض (Ta’ridl)
لِسِيْنِ الْاِسْتِفْعَالِ جَامَعَــانِ 70 لِطَلَبٍ صَيْرُورَةٍ وِجْــدَانِ
كَــذَا اعْتِـقَادٌ بَـعْـدَهُ التَّسْـلِيْمُ $ سُؤَالُـهُمْ كَاسْتَخْبَرَ الْكَرِيْمُ
70. Syin wazan اِسْتَفْعَلَ itu mempunyai 6 arti yaitu :
71. 1) طلب( Tholab ) 3) وجدان( Wijdan ) 5) تسليم ( Taslim )
2) صيرورة(Shoiruroh) 4) اعتقاد( I’tiqod ) 6)سؤال ( Su’al )
فَصْلٌ فِى حُرُوْفِ اْلعِّلَةِ وَاَحْكَامِهَا
حُرُوفُ وَايٍ هِـيَ حُرُوفُ الْـعِـلَّةِ $ وَالْمَــدِّ ثُـمَّ اللِّيْنُ وَالزِّيَـــادَة
FASAL MENERANGKAN HURUF ILAT DAN HUKUM-HUKUMNYA
72. Huruf-huruf yang terdapat dalam واى itu dalam istilah shorof disebut :
1) Huruf علّة( ilat ) 3) Huruf مد( mad )
2) Huruf لين( len ) 4) Huruf زيادة( ziyadah )
فَاِنْ يَكُنْ بِبَـعْضِـهَا الْمَاضِي افْتَتَحْ $ فَسَـمِّ مُعْـتَلاًّ مِثَالاَ كَوَضَحْ
73. Setiap fi’il madli yang fa’ fi’ilnya berupa salah satu dari huruf-huruf tersebut (واى ) itu disebut fi’il bina’ mu’tal,kalau berupa wawu maka disebut fi’il bina’ mu’tal fa’ wawi seperti وَضَحَ dan kalau berupa ya’ maka disebut fi’il bina’ mu’tal fa’ ya’i seperti يَسَرَ
وَنَاقِـصًا قُلْ كَـغَزَا اِنِ اخْتُـتِـمْ $ بِـهِ وَاِنْ بِجَـوْفِـهِ اجْـوفًا عُلِـمْ
74. Fi’il bina’ naqish adalah tiap-tiap fi’il yang lam fi’ilnya ( huruf akhir ) berupa huruf ilat (واى ) kalau berupa huruf ilat wawu disebut fi’il bina’ naqish wawi seperti غَزَا asalnya غَزَوَ, kalau berupa huruf ilat ya’ disebut fi’il bina’ naqish ya’i seperti مَشَى asalnya مَشَىَ ,sedangkan fi’il bina’ ajwaf adalah tiap-tiap fi’il yang a’in fi’ilnya ( huruf tengah ) berupa huruf ilat (واى ) kalau berupa huruf ilat wawu disebut fi’il bina’ ajwaf wawi seperti قَالَ asalnya قَوَلَ, kalau berupa huruf ilat ya’ disebut fi’il bina’ ajwaf ya’i seperti بَاعَ asalnya بَيَعَ
وَبِلَـفِيْـفٍ ذِي اقْتِرَانٍ سَـمِّ اِنْ 75 عَيْنٌ لَـهُ مِنْـهَا كَلاَمٍ تَسْتَـبِنْ
75. Fi’il madli yang a’in dan lam fi’ilnya berupa huruf ilat itu disebut fi’il bina’ lafif maqrun seperti, قَوِيَ شَوَى
وَاِنْ تَكُــنْ فَاءٌ لَـهُ وَلاَمُ $ فَـذُوافْـتِـرَاقٍ كَوَفَى الْغُـلاَمُ
76. Sedangkan apabila fa’ fi’il dan lam fi’ilnya berupa huruf ilat itu disebut fi’il bina’ lafif mafruq seperti وَفَى,وَقَى
وَادْغِـمْ لِمِثْـلَيْ نَحْوِ يَازَيْدُ اكْفُـفَا $ فَكُــفَّ قُلْ وَسَـمِّهِ الْمُضَاعَفَا
77. Apabila ada fi’il yang a’in dan lam fi’ilnya terdiri dari huruf sejenis maka huruf yang pertama harus diidghomkan pada huruf yang kedua ( diganti dengan tasydid ) dan disebut fi’il bina’ mudlo’af
مَهْـمُـوزُ الَّـذِي عَلَى الْهَـمْزَاشْتَـمِلْ $ نَحْوُقَـرَاسَأَلَ قَبْلَ مَااَفَـلْ
78. Fi’il bina’ mahmuj adalah tiap-tiap fi’il madli yang fa’,a’in dan lam fi’ilnya berupa hamzah kalau fa’ fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj fa’ , kalau a’in fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj a’in dan kalau lam fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj lam seperti قَرَأَ,سَأَلَ,أَفَلَ
ثُـمَّ الصَّحِيْحُ مَاعَـدَا الَّذِي ذُكِــرْ $ كَاغْفِـرْ لَنَـا رَبِّـي كَمَـنْ لَهُ غُفِـرْ
79. Selain bina’ tersebut diatas ( mitsal,ajwaf,naqish,lafif,mahmuj dan mudlo’af ) itu disebut bina’ shohih yaitu tiap-tiap fi’il madli yang fa’,a’in dan lam fi’ilnya tidak berupa huruf ilat,tidak berupa hamzah serta a’in dan lam fi’ilnya tidak berupa huruf yang sejenis seperti غَفَرَ,فَتَحَ,ضَرَبَ
بَابُ الْمُعْتَلاَّتِ وَالْمُضَاعَفِ وَالْمَهْمُوْزِ
وَوَاوُا اَوْيَــا حُـرِّكَااقْلِـبْ اَلِـفَا 80 مِنْ بَعْـدِ فَتْـحٍ كَغَـزَا الَّذِي كَـفَى
BAB FI’IL MU’TAL,MUDLO’AF DAN MAHMUJ
80. Kalau ada wawu atau ya’ yang hidup berada setelah harokat fathah maka harus diganti dengan alif seperti كَفَى,غَزَا asalnya كَفَىَ,غَزَوَ
ثُـمَّ غَـزَوَاوَغَـزَتَا كَـذَا غَـزَتْ $ وَآلِفٌ لِلسَّاكِـنَـيْـنِ حُـذِفَتْ
81. Fi’il bina’ naqish wawi dan ya’i yang bertemu dengan wau jama’ atau ta’ ta’nits sakinah itu alif yang gantian dari wawu atau ya’ harus dibuang karena bertemu dua huruf yang mati seperti غَزَوْا asalnya غَزَاوْا dari ,غَزَوَوْا غَزَتْ asalnya غَزَاتْ dari غَزَتَا, غَزَوَتْ asalnya غَزَاتَا dari غَزَوَتَا
وَالْقَلْـبُ فِي جَمْـعِ الْاِنَـاثِ مُنْـتَفِي $ وَغَـزَوَا كَـذَا غَـزَوْتَ فَاقْـتَـفِ
82. Fi’il bina’ naqish tersebut baik wawi atau ya’i jika bertemu dengan nun jama’ inats ,alif tasniyah dan dlomir ( muttakalim,mukhotob atau mukhotobah ) maka wawu atau ya’ tersebut itu tidak diganti alif seperti غَزَوْنَ / رَمَيْنَ , غَزَوَا / رَمَياَ , غَزَوْتُِ / رَمَيْتُِ
وَانْسُبْ لِاَجْوَفٍ كَـقَالَ كَالَ مَا $ لِكَـغَـزَاثُـمَّ كَـفَى قَـدِانْتَـمَى
83. Wawu dan ya’ yang hidup berada pada fi’il bina’ ajwaf serta berada setelah harokat fathah itu seperti yang berada pada fi’il bina’ naqish yakni harus diganti alif seperti كَالَ,قَالَ asalnya كَيَلَ,قَوَلَ
كَغَـزَتِ احْـذِفْ اَلِـفًا مِنْ قُـلْنَ اَوْ $ كِلْـنَ بِضَـمَّ فَا وَكَسْرِهَا رَوَوْا
84. Fi’il bina’ ajwaf itu apabila disandarkan pada nun jama’ inats maka alifnya yang gantian dari wawu atau ya’ itu harus dibuang sebagaimana alifnya fi’il bina’ naqish ketika disandarkan ( bertemu ) dengan ta’ ta’nits sakinah kemudian fa’ fi’il bina’ ajwaf tersebut didlomah jika berupa ajwaf wawi seperti قُمْنَ asalnya قَوَمْنَ dan dikasroh jika berupa bina’ ajwaf yai seperti سِرْنَ asalnya سَيَرْنَ
وَالْيَاءُ اِنْ مَاقَبْلَـهَا قَـدِانْكَسَرْ 85 فَابْقِ مِثَـالُهُ خَشِيْتُ لِلضَّـرَرْ
اَوْضُـمَّ مَعْ سُكُونِهَا فَصَـيِّرِ $ وَاوً فَـقُـلْ يُوْسِـرُ فِي كَيُيْسِرِ
85. Kalau ada ya’ mati atau hidup berada setelah harokat kasroh maka harus ditetapkan ( tidak diganti dengan alif ) seperti خَشِيْتُ رَبِّى, خَشِىَ مُحَمَّدٌ رَبَّهُ
86. Kalau ya’ tersebut mati dan berada setelah harokat dlomah maka harus diganti dengan wawu seperti يُوْقِنُ,يُوْسِرُ asalnya يُيْقِنُ,يُيْسِرُ
وَوَاوًااِثْـرَ كَسْرِاِنْ تَسْكُنْ تَصِـرْ $ يَاءً كَجِيْرَ بَعْـدَ نَقْلٍ فِي جُوِرْ
87. Apabila ada wawu mati yang berada setelah harokat kasroh maka harus diganti dengan ya’ seperti جِيْرَ asalnya جِوْرَ
وَاِنْ تُحَـرَّكْ وَهْيَ لاَمُ كِلْمَةْ $ كَــذَا فَـقُـلْ غَبِي مِنَ الْغَبَـاوَةْ
88. Apabila ada wawu hidup menjadi lam fi’il yang berada setelah harokat kasroh maka harus diganti dengan ya’ seperti غَبِىَ asalnya غَبِوَ
حَرَكَةٌ لِيَاكَـوَاوٍاِنْ عَقِـبْ $ مَاصَـحَّ سَاكِـنًا فَنَـقْلُـهَا يَجِبْ
مِثَالُ ذَا يَقُـوْلُ اَوْيَكِـيْلُ ثُمْ 90 يَخَافُ وَالْاَلِفُ عَنْ وَاوٍ تَقُـمْ
89. Apabila ada wawu atau ya’ hidup sedangkan huruf sebelumnya berupa huruf shohih yang mati maka harokatnya wawu atau ya’ tersebut harus dipindahkan pada huruf shohih yang mati tersebut,kemudian kalau yang dipindah itu harokat fathah maka wawu atau ya’ tersebut harus diganti dengan alif
90. Seperti يَقُوْلُ يَكِيْلُ, asalnya يَكْيِلُ,يَقْوُلُ dan يَخَافُ يَهَابُ, asalnya يَخْوَفُ يَهْيَبُ,
وَاِنْ هُـمَا مُحَـرَّكَيْنِ فِي طَـرَفْ $ مُضَارِعٍ لَمْ يَنْتَصِبْ سَكِّنْ تُحَفْ
نَحْوَالَّـذِي جَامِـنْ رَمَى اَوْمِـنْ عَفَا $ اَوْمِـنْ خَشِي وَيَـاء ذَا اقْلِبْ اَلِـفَا
91. Apabila ada wawu atau ya’ berharokat dlomah yang dibaca rofa’ dan berada diakhir fi’il mudlori’ ( menjadi lam fi’il ) maka harus disukun karena dianggap beratnya dlomah pada wawu atau ya’ tersebut
92. Seperti يَرْمِى يَخْشَى, يَعْفُوْ , asalnya يَرْمِىُ يَخْشَىُ, يَعْفُوُ ,
وَاحْـذِفْهُـمَا فِي جَمْعِهِ لاَالتَّثْنِيَة $ وَمَاكَتَـغْزِيْنَ بِـذَا مُسْتَـوِيَة
93. Fi’il mudlori’ yang akhirnya ( lam fi’il ) berupa wawu atau ya’ itu apabila bertemu dengan wawu jama’ atau ya’ mu’anats mukhothobah maka wawu atau ya’ tersebut harus dibuang seperti تَغْزِيْنَ, يَمْشُوْنَ,يَغْزُوْنَ dan تَمْشِيْنَ asalnya تَغْزُوِيْنَ, يَمْشِيُوْنَ,يَغْزُوُوْنَ dan تَمْشِيِيْنَ
Sedangkan jika bertemu dengan alif tasniyah maka tidak boleh dibuang akan tetapi harus diharokati fathah seperti seperti يَمْشِيَانَ,يَغْزُوَانَ
وَفِي اسْمِ فَاعِـلٍ اجْوَفٍ قُلْ قَائِلاَ $ بِأَلِفِ زَيْــدٍ وَهَمْــزِمَاتَــلاَ
94. Apabila wawu atau ya’ nya isim fa’il dari bina’ ajwaf yang berada setelah alif zaidah ( tambahan ) maka harus diganti dengan hamzah seperti قَائِلٌ,سَائِرٌ,نَائِمٌ asalnya قَاوِلٌ,سَايِرٌ,نَاوِمٌ
فِي نَاقِصٍ قُلْ غَازٍاِنْ لَمْ يَنْتَصِبْ 95 وَلاَبِأَلْ وَحَــذْفُ يَـائِهِ يَجِبْ
95. Ya’nya isim fa’il dari bina’ naqish yang tidak dibaca nashob ( dibaca rofa’ atau jer ) dan tidak bersamaan dengan al (اَلْ) itu harus dibuang seperti غَازٍ , رَامٍ asalnya , غَازِوٌ , رَامِىٌ مَرَرْتُ بِغَازٍ , مَرَرْتُ بِرَامٍ asalnya مَرَرْتُ بِغَازِوٍ , مَرَرْتُ بِرَامِىٍ
Adapun jika dibaca nashob atau bersamaan dengan al maka harus ditetapkan seperti جَاءَ الرَّامِى,جَاءَ الْغَازِى,رَاَيْتُ غَازِيًا,رَاَيْتُ رَامِيًا
وَكَمَقُـوْلٍ اِسْمَ مَفْـعُـولٍ خُـذَا $ بِالنَّـقْـلِ كَالْمَكِيْلِ وَاكْسِرْ فَاءَ ذَا
96. Harokatnya wawu atau ya’ isim maf’ul dari bina’ ajwaf itu harus dipindahkan pada huruf shohih yang mati sebelumnya untuk meringankan ,maka huruf shohih tersebut dikasroh jika yang dibuang itu huruf ya’ lalu maf’ulnya dibuang karena bertemunya dua huruf yang mati dalam satu kalimah sepertiمَكِيْلٌ asalnya مَكْيُوْلٌ
وَمِثْـلَيِ الْمَغْـزُوِّحَتْـمًا اَدْغِـمَا $ كَـذَاكَ مَخْشِي بَعْـدَ قَلْـبٍ قُـدِّمَا
97. Apabila ada dua wawu atau dua ya’ yang berkumpul pada isim maf’ulnya bina’ naqish ,sedangkan huruf yang pertama mati dan yang kedua maka huruf yang pertama harus diidghomkan pada huruf yang kedua seperti مَغْزُوٌّ danمَخْشِىٌّ asalnya مَغْزُوْوٌdan مَخْشِىْيٌ
وَاَمْرُ غَائِبٍ اَتَى مِـنْ اَجْـــوَفِ $ كَلِيَـقُـلْ وَاَصْـلُهُ غَيْرُخَــفِي
98. Harokatnya wawu atau ya’ dalam fi’il amar hadlir dari bina’ ajwaf itu harus dipindah pada huruf shohih sebelumnya yang mati,lalu wawu atau ya’ yang mati tersebut dibuang karena berkumpulnya dua huruf yang mati dalam satu kalimah seperti لِيَقُلْ danلِيَمِلْ asalnya لِيَقْوُلْ danلِيَمْيِلْ
مُخَاطَبٌ مِنْـهُ كَـقُـلْ بِالنَّـقْلِ $ وَحَـذْفَ هَمْزِهِ وَعَيْنِ الْاَصْلِ
99. Begitu juga harokatnya wawu atau ya’ pada fi’il amar hadlir dari fi’il bina’ ajwaf itu harus dipindah pada huruf shohih sebelumnya yang mati dengan membuang hamzah washol karena sudah tidak dibutuhkan lagi , lalu wawu atau ya’ tersebut yang menjadi a’in fi’il harus dibuang karena bertemunya dua huruf yang mati dalam satu kalimah seperti قُلْ asalnya اُقْوُلْ
وَثَــنِّهِ عَلَى كَقُــوْلَا وَالْتَــزِمْ 100 مِنْ نَاقِصٍ فِيْ ذَيْنِ حَـذْفًـا لِـلْمُـتِمْ
100.Wawu atau ya’ yang dibuang dalam fi’il amar hadlir dan amar ghoib dari bina’ ajwaf tersebut harus dikembalikan lagi jika menunjukkan tasniyah atau jama’ mudzakar seperti لِيَقُوْلُوْا,لِيَقُوْلاَ,قُوْلُوْا,قُوْلاَ
Sedangkan wawu,ya’ atau alif yang menjadi huruf akhir fi’il amar hadlir atau amar ghoib dari fi’il bina’ naqish mufrod itu harus dibuang seperti لِيَغْزُ لِيَرْمِ, danلِيَخْشَ asalnya لِيَغْزُوْ لِيَرْمِى, dan لِيَخْشَى ( Ghoib ) اُغْزُ اِرْمِ,danاِخْشَ asalnya اُغْزُوْ اِرْمِى,danاِخْشَى ( Hadlir )
وَحَـذْفَ فَاالْمُعْتَـلِّ فِيْ مُسْتَـقْـبَلِ $ وَاَمْـرٍ اَونَهْـيٍ مَتَى تُـعْلَمْ جَـلِي
101.Fa’ fi’ilnya fi’il bina’ mu’tal mitsal wawi pada fi’il mudlori’,amar atau nahi ( hadlir atau ghoib ) dari bab وَهَبَ وَعَدَ, dan وَرِثَ yaitu ikut wazan يَفْعَلُ- فَعَلَ
بِبـَابٍ مَاكَــوَهَـبَ اوْكَوَعَـدَ $ وَرِثَ زِدْ وَقُـلَّ مَا قَـدْ وَرَدَ
102. يَفْعِلُ- فَعَلَdan يَفْعِلُ- فَعِلَ itu harus dibuang juga bab وَسِعَ yaitu yang ikut wazan يَفْعِلُ- فَعِلَ akan tetapi sedikit
ثُمَّ الَّلفِيْـفُ لاَبِقَـيْـدٍ قَـدْ حُكـِمْ $ لِلاَمِـهِ بِمَـالِنَاقَصٍ عُـلِمْ
103. Lam fi’ilnya ( huruf akhir ) fi’il mudlori’ yang dijazmkan ,fi’il amar dan fi’il nahi dari bina’ lafif maqrun atau lafif mafruq itu seperti lam fi’ilnya fi’il bina’ naqish yaitu harus dibuang seperti لَمْ يَطْوِ اِطْوِ, dan لاَتَطْوِ asalnya لَمْ يَطْوِى اِطْوِى, dan ى لاَتَطْوِ ( Lafif maqrun ) ,
لَمْ يَقِ قِ, dan لاَتَقِ asalnya لم يَقِى اِوْقِى, dan لاَتَقِى ( Lafif maqrun )
اَوْكَالصَّحِيْحِ احْكُـمْ لِعَيْنِ مَاقُـرِنْ $ وَفَـاءُ مَفْرُوقٍ كَمُعْتَــلٍّ زُكِـنْ
104.A’in fi’ilnya bina’ lafif maqrun itu seperti a’in fi’ilnya bina’ shohih yaitu tidak dirubah dan tidak dibuang seperti لَمْ يَشْوِ,اِشْوِ (lafif maqrun) sebagaimana لاَيَضْرِبْ,اِضْرِبْ ( bina’ Shohih )
Sedangkan fa’ fi’ilnya bina’ lafif mafruq itu hukumnya seperti fa’ fi’ilnya bina’ mu’tal mitsal wawi yakni harus dibuang pada fi’il mudlori’,fi’il amar dan fi’il nahi yang ikut wazan , يَفْعِلُ- فَعَلَ , يَفْعَلُ- فَعَلَ يَفْعِلُ- فَعِلَ seperti يَمِقُ- وَمِقَ , يَلِى- وَلَى , يَقِى- وَقَى ( lafif Mafruq ) يَرِثُ- وَرِثَ , يَعِدُ- وَعَدَ, يَضَعُ- وَضَعَ ( Mitsal wawi ) sedangkan yang ikut wazan يَفْعَلُ- فَعِلَ maka tidak dibuang seperti يَوْجَى- وَجِىَ sebagaimana يَوْجَلُ- وَجِلَ ( bina’ Shohih )
وَاَمْرُ ذَا لِلْفَـرْدِ قِهْ وَقِيْ قِيَـا 105 لاِثْنَيْــنِ قُوْا وَقِيْنَ لِلْجَـمْعِ ائْتِـيَـا
105.Tashrifannya fi’il amar hadlir dari bina’ lafif mafruq ialah قِيْنَ,قِيَا,قِى,قُوْ,قِيَا,قِهْ yakni hamzah washol dan fa’ fi’ilnya fi’il amar hadlir dari bina’ mitsal wawi yang ikut wazan , يَفْعِلُ- فَعَلَ , يَفْعَلُ- فَعَلَ يَفْعِلُ- فَعِلَ perinciannya sebagai berikut (للمفرد المذكر) قِهْ (للمفردة المؤنث) قِى , (لجمع المذكر) قُوْ , (للمثنى المذكر والمؤنث) قِيَا (لجمع المؤنث) قِيْنَ,
وَمَا كَمَدٍّ مَصْـدَرًااَوْمَــدَّ مِنْ $ مُضَاعَفٍ فَهُـوَ بِــإِدْغَـامٍ قُـمِـنْ
106.Apabila ada lafadh yang a’in dan lam fi’ilnya berupa huruf yang sama,sedangkan huruf yang pertama mati dan yang kedua hidup atau hidup keduanya maka huruf yang pertama harus diidghomkan pada huruf yang kedua seperti مَدَّ danمَدٌّ asalnya مَدَدَ danمَدْدٌ
اَوْ كَمَــدَدْنَ اَوْمَــدَدْنَا فَاظْهِرِ $ وَفِي كَـلَـمْ يَمُــدَّ جَــوِّزْ كَافْرِرِ
107.Akan tetapi kalau a’in fi’ilnya yang hidup sedangkan lam fi’ilnya mati maka tidak boleh diidghomkan yakni harus dibaca idhar seperti مَدَدْتُ الْحَبْلَ dan مَدَدْنَ الْحَبْلَ dan apabila matinya lam fi’ilnya tersebut ( huruf yang kedua ) karena jazm baik untuk fi’il amar atau fi’il mudlori’ yang dijazemkan maka boleh idghom dan boleh idhar مُدَّ / اُمْدُدْ لَمْ يَفِرَّ , / لَمْ يَفْرِرْ
مَهْــمُوْزُ ابْـدِلْ هَمْـزَهُ مَتَى $ سَـكَنْ بِمُـقْتَـضَى حَرَكَـةٍ اَوِاتْـرُكَنْ
كَـيَـأْكُـلُ ائْـذَنْ يُوْمِـنُوْا . . . . . . . . . .
108.Hamzahnya fi’il bina’ mahmuj itu apabila mati ( disukun ) maka boleh diganti huruf mad yang sesuai dengan harokat huruf sebelumnya yaitu kalau harokat huruf sebelumnya fathah maka hamzah tersebut diganti alif
109.kalau dlomah maka hamzah tersebut diganti wawu dan kalau kasroh maka hamzah diganti dengan ya’ dan juga boleh ditetapkan ( tidak diganti ) seperti يَاكُلُ يُوْمِنُوْنَ, dan إِيْذَنْ asalnya يَأْكُلُ يُؤْمِنُوْنَ, dan إِئْذَنْ
. . . . . . . . . . وَاتْـرُكْ مَتَى $ حَـرَّكْتَـهُ وَسَابِقٌ كَـذَا اَتَـى
نَحْـوَ قَـرَا وَاِنْ يُـحَــرِّ هُـوَ فَـقَطْ 110 كَاسْأَلْ كَـذَا وَسَـلْ اَجِزْكَمَاانْضَبَطْ
110.Apabila hamzah fi’il bina’ mahmuj tersebut hidup dan huruf sebelumnya juga hidup maka tidak boleh diganti huruf mad seperti قَرَأَ dan سَأَلَ akan tetapi kalau huruf sebelumnya mati maka hamzah boleh diganti huruf mad dan boleh ditetapkan seperti سَلْ dan اِسْأَلَ
وَحَـذْفَ هَمْـزِ خُـذْ وَمُرْكُلْ لاَتَقِسْ $ وَكَالصَّحٍيْحِ غَيْرَهُ صَرِّفْ وَقِسْ
111.Membuang hamzahnya fi’il bina’ mahmuj yang berada pada fi’il amar seperti lafadh خُذْ مُرْ, dan كُلْ itu hukumnya syad yaitu tidak sesuai dengan qoidah yang berlaku,adapun tashrifannya fi’il selain fi’il bina’ shohih sebagaimana bina’ mitsal,ajwaf,naqish,mahmuj,mudlo’af dan lafif itu seperti tasyrifannya bina’ shohih
قَـدْتَــمَّ مَارُمْنَا مِنَ الْمَقْصُوْدِ $ فَاعْـذَرْحَـدِيثَ السِّنِّ يَاذاالْجُوْدِ
وَاَحْمَدُ اللهَ مُصَلِّيًا عَلَى 113 مُحَــمَّدٍ وَآلِهِ وَمَنْ تَــلاَ
112.Kami telah sempurna dan selesai menyusun nadhom al maqshud dalam ilmu shorof ,kami selaku pengarang yang masih muda usianya mohon ma’af kepada Yang Maha Pemurah atas kekurangan pada kitab ini
113.Saya memuji kepada kehadirat Alloh SWT,seraya membaca sholawat dan salam kepada nabi Muhammad SAW,keluarga serta orang-orang yang membaca kitab ini
والله اعلم بالصواب
الحمد لله رب العالمين
م
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar